Jumat, 09 November 2012

Bola Bola Lezat

Bakso Malang
Bakso adalah bola daging yang ada di daftar masakan Indonesia. Bakso umumnya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, dan udang. bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, didampingi mi, bihun taoge, tahu, terkadang telur, dan ditaburi bawang serta seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan hampir di seluruh Indonesia, mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Bakso malang adalah bakso terpopuler di Indonesia. Bakso Malang memang sering kali menjadi kuliner pilihan dan terkenal dengan cita rasanya yang enak. Gurih bakso dan kuahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Selain itu, bakso Malang cocok dikonsumsi di segala cuaca, kemarau maupun hujan.

Banyaknya warung, restoran hingga pedagang kaki lima yang menjajakan bakso serta antusiasme warga Malang mengkonsumsi panganan yang berbentuk bola ini, membuat Malang khas dengan baksonya. Pada akhirnya bakso menjadi ikon kuliner kota Malang.

Perkembangan bakso malang dipelopori oleh Abah Sugito. Dia menjajakan bakso keliling sejak tahun 1977.   Usahanya berkembang dan tumbuh hingga pada tahun 1982 Abah Sugito mendirikan warung bakso sederhana tepat di belakang bioskop "President" Malang. Untuk mempermudah konsumen mengingat nama warung baksonya, abah memakai nama bioskop tersebut. Bahkan ketika bioskop President beralih dungsi menjadi departement store, nama President tetap dipakainya. Abah Sugito sendiri giat melakukan inovasi produk, sehingga menawarkan berbagai variasi.

Bakso Malang sendiri terdiri dari empat jenis produk yaitu, bakso, mie kuning, tahu, dan siomay basah atau kering. Sampai saat ini banyak sekali pengusaha bakso yang bermunculan di Malang. Dari pedagang bergerobak, kaki lima, hingga warung bakso terkenal seperti bakso Damas, bakso Gun, bakso Cak Man, dan masih banyak lainnya.

Bakso Malang 2
Bakso Malang ini merupakan panganan tinggi protein karena berbahan baku daging. Selain menawarkan kelezatan yang luar biasa, kekayaan gizinya tidak perlu dipertanyakan. Selamat mencoba!

Anda pasti suka:
Variasi Bakso Bakar
Sejarah Bakso Bakar Cak Man
How to make d'Bakso
Kandungan Gizi Bakso

0 komentar:

Posting Komentar