Minggu, 02 Desember 2012

Gurihnya Ayam Tenes

Ayam Tenes


     Ayam main tenes?
    Jelas saja bukan seperti itu. Ayam Tenes hanyalah sebuah rumah makan yang terletak di jalan Jl. Tenes 12 Malang Kota- Klojen, bersebelahan dengan Mall Olympic Garden (MOG ). Ayam Tenes bukanlah ayam yang sedang bermain bola tenes, ataupun ayam bulat berbentuk tenes, melainkan ayam goreng yang biasa kita jumpai di tiap-tiap warung lalapan. Dari bentuk tidak ada yang istimewa, namun rasa tidak ada tandingannya.

Setelah berjalan-jalan di MOG, perut terasa lapar, namun bosan makan di food court sana. Terpikir untuk berkuliner diluar Mall, tapi dimana? Maka, Ayam Goreng Tenes ini adalah jawabannya. Setelah menunggu lumayan lama, tersedialah pesanan ayam goreng diatas meja. Baunya sudah memanggil untuk disantap.

ayam goreng tenes


varian cumi-cumi
Saat dimakan, rasa ayamnya benar-benar sangat gurih. Entah bagaimana cara menggorengnya, yang jelas daging ayam goreng ini empuk dan rasa bumbunya terasa di lidah. Walaupun di goreng kering, jangan kuatir keempukannya terasa ketika digigit. Ternyata setelah bertanya dengan mas/mbak disana yang merupakan pegawai Ayam Tenes, ia mengatakan bahwa rahasianya agar bumbu merasuk sempurna ke dalam daging adalah ayam terlebih dahulu dilumuri bumbu dan diungkep hingga gurih bumbu tidak hilang saat digoreng. Pantas saja, saat digigit daging ayamnya tidak putih, melainkan berwarna bumbu akibat di ungkep.


Begitu pula dengan sambal uleknya, rasanya tidak kalah segar dengan ayam gorengnya. Jelas, karena sambalnya baru dibuat saat menerima pesanan. Jadi lebih terasa pedas dan segar. Untuk minum, tidak banyak varian yang bisa dipilih seperti di cafe kebanyakan, namun es teh adalah teman setia untuk setiap santapan. Meskipun masih sedia jus alpokat, tomat, semangka, dll, serta minuman hangat seperti jeruk hangat, wedang jahe, dll. Puas sekali setelah mencicipi Ayam Goreng di sini dengan harga yang tidak mahal, antara 9000/potong sampai 41000/ekor. Harga Murah, Hati senang. (ULFAH/043)

0 komentar:

Posting Komentar