Senin, 10 Desember 2012

Soto Lombok di Jalan Lombok

Soto Lombok Jl. Lombok


Mendengar kata Soto, tentu sudah tidak asing lagi di lidah penikmat kuliner. Mulai dari soto tuban, soto lamongan, soto lumajang, dll. Tetap yang paling familiar dengan anda adalah soto lamongan. Namun kali ini, bukan soto lamongan yang akan diulas kelezatannya, melainkan soto Lombok yang terletak di jl. Lombok, Malang. Dinamakan soto Lombok, karena pertama kali membuka bisnis kuliner ini di Jl. Lombok. Jadi bukan karena soto ini pedas, seperti trend makanan yang serba pedas. Soto Lombok ini sudah berdiri kira-kira lima puluh tahun silam yang dirintis oleh Alm. Aabdurrahman Mustadjab. Kini Soto Lombok ini, dikelola oleh anak-anaknya. Kalau sudah bicara dengan usaha turun menurun, berarti resepnya pun juga turun menurun. Pantas membuat rumah makan ini tidak pernah sepi pengunjung.
Soto Lombok ini menempati dua rumah yang bersebelahan. Mengapa demikian? Karena jumlah pengunjung yang semakin bertambah, membuat satu tempat saja tidak cukup untuk menampung. Meskipun ramai pengunjung, tidak perlu khawatir perut kelaparan karena pesanannya yang lama. Karena begitu kita memesan, langsung saja kuah soto panas dituangkan ke dalam mangkuk yang sudah berisi bahan-bahan soto. Jadi dijamin soto masih panas saat sampai ke meja pelanggan.
Pertama kali mengetahui Soto Lombok, saat hendak pulang sehabis dari rumah teman, perut terasa lapar. Melihat dikiri jalan ada rumah makan soto yang ramai, akhirnya berhenti disana untuk memenuhi kebutuhan perut. Saya dan teman saya  memesan Soto Istimewa, dengan cepat diantar ke meja kami. Padahal kerupuk rambak yang baru dimakan, belum habis saking cepat pelayanannya. Melihat soto diatas meja, terlihat suwiran ayam yang banyak, kentang rebus, telur rebus yang dibelah menjadi dua, tomat, kol, tauge, dan paling atas seledri, bawang goreng, dan bubuk koya.
soto ayam istimewa
  Asap dari kuah soto mengepul langsung menabrak hidung membuat perut semakin berdemo. Dari aromanya saja, semua bumbu-bumbu sudah tercium. Suapan pertama langsung terasa istimewanya. Sepertinya bisa merasakan tiap bumbu yang dimasukkan kedalam kuah ini, karena terlalu sedap dan kental bumbunya. Nikmat disantap saat hangat. Bagi yang suka perasan jeruk nipis, bisa ditambahkan juga.
Pilihan yang ditawarkan oleh Soto Lombok ini ada Soto Ayam, Soto dengan tambahan kulit dan Jeroan. Harga Soto Ayam biasa Rp 14.000 rupiah, sedangkan soto yang sudah ditambahkan jeroan menjadi Rp 18.000/ porsi. Memang termasuk untuk kantong mahasiswa. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. ( ULFAH/ 043 )

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Pengen banget nyoba-nyoba kuliner Malang Soto Lombok
khas Malang gak ada ditempat lain

Unknown mengatakan...

Pengen banget nyoba-nyoba kuliner Malang Soto Lombok
khas Malang gak ada ditempat lain

Posting Komentar